Ketika Jamur Candida Menyerang, Pantangan dan Solusinya 

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Candidiasis atau infeksi jamur kulit Candida kerap menyerang area kemaluan, ketiak, telapak kaki, mulut dan area tubuh lainnya. Kulit yang memerah dan sensasi gatal bukan kepalang adalah ciri-ciri yang ditunjukan dari kondisi kesehatan ini.

Bahayanya, kondisi ini ternyata dapat bertambah akibat dipicu oleh konsumsi jenis makanan dengan kadar gula dan karbohidrat yang tinggi.

Sementara konsumsi jenis makanan kaya vitamin, prebiotik dan lemak sehat, sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kandidiasis.

Beberapa jenis konsumsi makanan yang perlu Anda konsumsi ketika kandidiasis menyerang adalah sebagai berikut:

1. Virgin coconut oil

Virgin coconut oil atau minyak kelapa hasil perasan pertama memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Para peneliti sangat menganjurkan produk olahan yang satu ini. Anda cukup menuangkan minyak ini diatas sayuran yang anda konsumsi.

2. Oregano

Minyak esensi oregano populer sebagai obat yang berkhasiat memerangi ancaman jamur dan bakteri penyebab infeksi jamur kulit seperti Candida albicans yang 90 persen bertanggung jawab atas infeksi jamur kulit.

Tuangkan 10 tetes minyak esensi origano dalam bak mandi dengan air hangat dan rasakan perubahannya setelah beberapa kali penggunaan.

3. Pepaya

Ekstrak biji dan daun pepaya diketahui berkhasiat mematikan jamur dan mencegak infeksi jamur pada kulit. Plus, keduanya kaya akan kandungan vitamin C.

4. Ketumbar

Biji ketumbar kaya akan serat, tembaga, besi, mangan dan magnesium yang dibutuhkan tubuh. Minyak yang dihasilkan biji ketumbar terkenal akan khasiatnya melawan jamur yang mampu mencegah beberapa bakteri dari yang bertanggungjawab atas kandidiasis di area Miss V.

Telan beberapa tetes minyak esensial biji ketumbar atau boleh dicampurkan dengan masakan kesukaan anda agar memberikan variasi rasa.

(ruf/fajar)

Sumber: Extraordinary Health & Healing, Prevention

  • Bagikan