Gemar Makanan Jenis Ini Meningkatkan Resiko Depresi di Kemudian Hari

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Makanan yang Anda konsumsi bertanggungjawab atas kesehatan mental Anda di kemudian hari? Sepertinya memang demikian.

Menurut studi yang berjalan selama 22 tahun atas 7000 orang, diketahui bahwa pria yang konsumsi gulanya berasal dari makanan dan minuman manis, 67 gram atau lebih setiap harinya, memiliki resiko terkena gangguan mental sebesar 23 persen dibandingkan mereka yang mengkonsumsinya kurang dari 39,5 gram seharinya.

Atas sebab itulah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk membatasi asupan gula tambahan kurang dari 10 persen dari kalori harian Anda.

Mengapa gula berbahaya terhadap kesehatan mental seseorang?

Perlu disadari bahwa asupan gula yang tinggi dapat menurunkan level brain derived neurotrophic factor (BDNF), sejenis protein yang membantu pertumbuhan dan pengembangan sel otak Anda.

Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga dapat memicu terjadinya inflamasi, yang mana sering dikaitkan dengan depresi. Tidak hanya itu, konsusmi gula berlebihan juga mengganggu respon insulin setelah makan, yang kemudian berpengaruh besar terhadap hormon dan mood seseorang.(ruf/fajar)

Sumber: MensHealth.com

 

  • Bagikan