3 Tips Atasi Nyeri Akibat Infeksi Telinga

  • Bagikan

FAJAR HEALTH – Telinga bagian dalam adalah salah satu bagian paling sensitif tubuh, ketika tidak dirawat atau diperlakukan tidak wajar, seperti mengoreknya terlalu dalam, atau kemasukan benda asing, dapat menyebabkan infeksi dan rasa sakit yang tak tertahankan.

Membiarkan tanpa perawatan tentunya bukan pilihan bijak yang bisa Anda lakukan. Beberapa tips dari The Bored Mind berikut ini mungkin dapat membantu Anda:

1. Bawang putih

Kandungan analgesik dan antibiotik yang dimiliki bawang putih dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi.

Caranya: Panaskan satu sendok teh cacahan bawang putih dengan dua sendok makan minyak wijen. Dinginkan dan saring minyak tersebut. Berikan 2-3 tetes minyak pada telingan yang terinfeksi.

2. Jahe

Jahe dikenal akan kandungan anti-radangnya yang mampu mengatasi infeksi telinga yang juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami.

Caranya: ekstrak perasan jahe dan oleskan teteskan pada telinga untuk mengurangi rasa sakit dan radang akibat infeksi. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh akar jahe segar dengan dua sendok makan olive oil, tunggu hingga 10 menit agar keduanya menyatu dan kemudia teteskan pada telinga yang terinfeksi.

3. Olive oil

Olive oil dapat bereaksi cepat meredakan sakit pada teliang. Berfungsi sebagai pelicin dan membantu menyembuhkan infeksi telinga. Olive oil juga berkhasiat menghilangkan bunyi mendengung pada bagian dalam telinga.

Caranya: masukan 3-4 tetes olive oil hangat ke dalam telinga atau oleskan cairan olive oil pada cotton bud dan oleskan perlahan bagian dalam telinga. (ruf/fajar)

 

 

 

  • Bagikan