Agustus 2017, MA Rekrut 1.684 Hakim untuk Isi Pengadilan Daerah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mulai Agustus 2017 ini, Mahkamah Agung (MA)  berencana  membuka penerimaan hakim baru. Penerimaan akan dilakukan di seluruh Indonesia.

Ketua MA, Hatta Ali menegaskan, dalam penerimaan hakim ini, mereka telah bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya. Dan prosesnya, kata dia dilakukan dengan terbuka.

“Ya sangat terbuka kan, bahkan diumumkan oleh Menpan RB sendiri, tidak ada yang ditutup-tutupi, semuanya punya kesempatan yang sama,” kata dia di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Hatta berharap, tahun ini akan banyak yang berminat menjadi hakim, sehingga yang lulus nanti adalah yang berkualitas.

Ketika disinggung berapa kiranya hakim yang dibutuhkan untuk di seluruh Indonesia, Hatta menyebut jumlahnya ribuan. “Sebenarnya kami butuh 4.000 hakim tapi sekarang ini yang diberikan (kuota) baru 1.684, mudah-mudahan target 1.684 bisa terpenuhi sehingga meringankan hakim beban para hkim yang ada di daerah. Sebab di daerah sudah sangat kekurangan hakim,” paparnya.

Menurut dia ada sekira 86 pengadilan yang sudah diterbitkan SK oleh Presiden Joko Widodo.

“Tapi sampai sekarang belum bisa operasional karena memang tidak ada hakim. Oleh karena itu mudah-mudahan rekrutmen ini dapat mengisi pengadilan pengadilan yang akan kita resmikan,” tukas dia. (Fajar/JPG)

 

  • Bagikan