Bunga Masamba, Pelipur Rindu Bupati Lutra Selama di Jepang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA – Dua pekan di Jepang membuat Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, begitu rindu pada kampung halaman. Beruntung, ada Bunga Masamba sebagai pelipur gelisah.

“Rindu saya akan Luwu Utara sedikit terobati dengan ketakjuban melihat Bunga-bunga Masamba. Kalau di sini Bunga Masamba disebut Ajisai,” tulis Indah di akun media sosialnya, Jumat (7/7/2017) waktu Jepang.

Indah berkunjung ke negeri Matahari Terbit dalam rangka memenuhi undangan khusus JICA (Japan Internasional Coorperation Agency) untuk membahas pengembangan kampung sagu di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, yang memang dikenal sebagai daerah penghasil sagu.

Indah bertemu Bunga Masamba ketika berada di Kota Imabari, sebuah kota di Prefektur Ehime, Jepang. Kota tersebut merupakan kota terbesar kedua di Prefektur Ehime.

Dari gambar-gambar yang diunggah bupati cantik tersebut, terlihat jelas bagaimana bahagianya Indah berjumpa dengan Bunga Masamba yang tumbuh di Jepang.

Bunga Masamba dikenal pula sebagai Hortensia. Dalam bahasa melayu, bunga ini dinamai Bunga Tiga Bulan.

Keindahan bunga ini pada bentuk bunganya yang menyerupai bola salju. Warna bunganya pun menarik serta kelopak bunga yang menyerupai bintang.

Masamba atau Hortensia (Hydrangea) adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga satu sampai tiga meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter.

Warna bunga ini macam-macam, ada biru, merah, merah jambu, atau ungu, bergantung pada tingkat pH tanah. Tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru. Tanah pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu.

Sewaktu masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih. Ketika mekar, bunga berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok.

Itulah sedikit tentang Bunga Masamba, bunga yang disebut-sebut sebagai bunga terindah kedua di dunia setelah Gloriosa. (fajar)

 

 

  • Bagikan