Bayangkan Kalau Negeri Ini Pecah Belah…

oleh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya membangun persatuan di tengah perbedaan suku bangsa. Menurutnya, bila bangsa ini terpecah maka akan ada banyak orang yang merugi.

”Coba bayangkan kalau negeri ini pecah belah, orang Batak ke Jawa harus pakai paspor. Orang Sulawesi harus pakai paspor,” ujar JK saat menghadiri Pesta Bolon Simbolon 2017 di Gedung Olah Raga Soemantri Brojonegoro Jakarta, Sabtu (8/7).

Dalam acara adat tersebut, JK mendapatkan selembar ulos warna cokelat yang langsung dia pakai.

Selain itu ada pula seperangkat alat adat Batak yang diberikan oleh Ketua Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendi MS Simbolon.

Pesta adat itu dirangkai pula dengan tari-tarian adat dan Pesta Horja Adat Batak. Salah satu rangkainya adalah mengarak seekor kerbau ke tengah lapangan. Kerbau yang dicocok hidungnya itu digiring mengelilingi sebuah pohon buatan.

Setelah berkeliling tiga kali, tali pada kerbau itu diikatkan pada pohon tersebut.

Lebih lanjut, JK mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia terdiri atas suku yang punya adat istiadat yang berbeda-beda. Dia menyebut orang Batak yang cenderung berbicara keras dan terus terang. Hampir sama dengan orang Sulawesi.

”Kita punya orang Padang yang indah berbahasa. Kita punya orang Jawa yang penuh arti dan tenang dengan semua kearifan lokalnya,” tambah pria berdarah Bugis itu.

Dia berharap semua perbedaan itu menjadi alasan yang kuat untuk meneguhkan persatuan. ”Selalu berjuang untuk menciptakan kesatuan, kebersamaan, disamping kita menciptakan negara yang maju dan adil,” tutup pria yang menapaki usia 75 tahun itu. (Fajar/JPG)