Amankan Hari Raya Idul Fitri, TNI Bakal Lakukan Ini

oleh
FAJAR.CO.ID JAKARTA – Kodam XII/Tanjungpura mengerahkan dua satuan setingkat batalion untuk mem-back up kepolisian dalam pengamanan hari raya Idul Fitri di Kota Pontianak.
“Kami siap. Kita menyiapkan dua satuan setingkat bataliyon untuk Kota Pontianak, mem-back up aparat kepolisian,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr Kolonel Tri Rana Subekti kepada wartawan di Media Center Kodam XII/Tpr, dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Selasa (20/6).
Tri Rana mengatakan, masyarakat yang mudik maupun yang tetap berada di Kota Pontianak ini tidak usah khawatir, TNI tetap siaga.
Selain itu, di wilayah jajaran Kodam XII juga telah menyiapkan personelnya. Khususnya di tempat-tempat yang dianggap rawan, TNI ada di sana. Menurutnya, secara rutinitas telah melaksanakan patroli, baik bersama kepolisian maupun TNI sendiri.
“Masing-masing satuan tersebar di Kodim, Koramil dan bataliyon tempur juga ada yang siaga. Satu kompi mereka siap di-standby-kan,” ujarnya.
Pengamnan tidak hanya terfokus di kota saja, di perbatasan tetap siaga. Dua bataliyon satuan tugas pengamanan di perbatasan. Namun TNI tidak bisa sendiri, harus bekerja sama dengan pihak lainnya.
“Ada satuan tugas pengamanan di perbatasan, dua bataliyon, mereka bisa mencegah orang asing yang dicurigai. Itu pun juga tetap bekerja sama dengan aparat kepolisian, Bea Cukai dan Imigrasi,” papar Tri Rana.
Terkait pengiriman detonator ke Kalbar beberapa waktu lalu, Tri Rana menegaskan, Kodam tetap siaga.
Mengantisipasinya, secara bergantian setiap kesatuan yang ada di jajaran komando utama operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat itu melakukan patroli.
“Jangan memberikan peluang kepada seseorang yang ingin mengganggu ketidakstabilan di sini. Dan ini juga perintah langsung dari Pangdam untuk melakukan patroli,” tegas Tri Rana.