Moeldoko: Indonesia Butuh Gerakan Inovasi Kebangsaan

oleh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia membutuhkan gerakan inovasi kebangsaan untuk mendorong kemajuan bangsa. Gerakan inovasi juga dibutuhkan untuk membangun daya saing yang kuat dan keunggulan di berbagai sektor kehidupan.

Pasalnya, pemahaman wawasan kebangsaan dewasa ini belum diimplementasikan secara optimal dalam kehidupan masyarakat. Hal itu membuat belum terciptanya sinergi kekuatan untuk membangun keutuhan bangsa dan negara.

“Gerakan inovasi kebangsaan itu merupakan kolaborasi dan sinergi kekuatan dari seluruh elemen bangsa yang mempertemukan kekayaan yang beragam di seluruh wilayah dan daerah,” ujar Dewan

Pelindung Yayasan Planet Inovasi Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat menjadi pembicara dalam workshop bertajuk Inovasi Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Jakarta, Kamis (8/6).

Moeldoko mengatakan, realitas kehidupan berbangsa saat ini menunjukkan kondisi yang memprihatinkan karena menghadapi berbagai tantangan. Tantangan besar yang dihadapi, antara lain, goyahnya semangat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman sebagai satu bangsa.