Sosialisasi Empat Pilar, Amirul Tamim Beberkan Pentingnya Pendidikan Karakter Bangsa

oleh

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Anggota MPR RI, Amirul Tamim melakukan sosialisasi empat pilar MPR di ratusan warga Baubau. Acara berlangsung di kantor DPC PPP kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya,  ia menyampaikan pentingnya pendidikan karakter bangsa.  Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai Bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kesopanan, penuh kasih sayang dan memiliki jalinan persaudaraan satu dengan lainnya yang sangat erat. Namun, kini nilai-nilai tersebut kian memudar.

Lahirnya era reformasi ditandai dengan kebebasan berpendapat, tapi seringkali kebebasan tersebut dimaknai  bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial.

“Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara,” kata Amirul.

Oleh karena itu pentingnya pendidikan karakter bangsa melalui sekolah dan lembaga pendidikan merupakan upaya yang tidak dapat ditunda lagi. “Di satu sisi peningkatan kualitas pendidik diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di negeri ini serta menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu,” tambahnya.

Pendidikan adalah proses yang selalu harus dilakukan terus menerus kepada seluruh komponen bangsa sebagai penggerak pembangunan. Dengan pentingnya peran tersebut, MPR RI memandang penyelenggaraan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bernegara harus mendapatkan porsi yang cukup, untuk generasi muda Indonesia yang akan datang.

Pemahanan nilai-nilai ini terkandung dalam empat pilar negara yang harus ada dan  dikembangkan dalam mewujudkan cita-cita bangsa, menuju masyarakat adil makmur serta bermartabat. (Hrm/Fajar)