Angkasa Pura II Siapkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

oleh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II berencana membangun satu terminal penumpang lagi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Terminal 4 akan dibangun di kawasan kargo.

Direktur Utama AP II M. Awaluddin menjelaskan, terminal kargo di Bandara Soetta akan dihilangkan dan digantikan dengan terminal 4. ”Mulai kami persiapkan,” katanya di gedung DPR, Senayan, kemarin (30/5).

Menurut dia, nanti Terminal 4 Bandara Soetta memiliki luas 300.000 meter persegi. Luas tersebut sedikit lebih kecil daripada Terminal 3 yang mencapai 400.000 meter persegi.

Meski demikian, Awal mengakui bahwa rencana pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta masih membutuhkan tahap kajian lebih lanjut. Karena itu, hingga kini, belum ada perhitungan tentang nilai investasi dan pengaruhnya terhadap keuangan perusahaan.

Rencana pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta diperkirakan masuk tahap detail engineering design (DED) pada awal 2018. Dan, dilanjutkan konstruksi paling cepat pada akhir 2018.

Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta akan dilelang kepada kontraktor dengan mekanisme tender. Keberadaan Terminal 4 Bandara Soetta akan membuat traffic penumpang mencapai 100 juta orang per tahun.

Saat ini traffic penumpang berada pada kisaran 60 juta orang per tahun. ”Terminal 4 menjadikan Bandara Soekarno-Hatta memiliki 100 juta traffic passenger dalam lima tahun ke depan. Tahun ini saja sudah 60 juta,” tutur Awal.

Angkasa Pura II menargetkan terminal baru di lima bandara yang dikelola perseroan dapat beroperasi pada 2017 guna mendukung pengembangan pariwisata nasional dan ekspansi bisnis perseroan. Lima bandara itu adalah Husein Sastranegara di Bandung, Depati Amir di Pangkalpinang, Silangit di Tapanuli Utara, Supadio di Pontianak, dan Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. (Fajar/JPG)