Ini Jumlah Langkah yang Anda Butuhkan untuk Jantung yang Sehat, Jangan Terkejut

oleh

FAJAR HEALTH – Jika Anda berpikir hanya dengan berjalan kaki (jarak sedang) dapat melindungi jantung anda, mungkin Anda perlu berpikir dua kali untuk itu.

Menurut sebuah studi terbaru, Anda membutuhkan jarak tempuh yang tidak bisa dibilang sedikit untuk mendapatkan manfaatnya bagi jantung.

Dari penelitian yang melibatkan 111 partisipan non perokok dengan catatan medis yang baik, ditemukan bahwa mereka yang duduk 5 jam atau lebih cenderung memiliki kadar kolesterol buruk (LDL) yang tinggi dan rendahnya kolesterol baik (HDL).

Seperti anda sudah ketahui, tingginya kadar kolesterol buruk dalam darah adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Untungnya, menurut penelitian tersebut, kondisi ini dapat diatasi dengan kebiasaan berjalan kaki sebanyak 15 ribu langkah atau berdiri setidaknya 7 jam sehari.

Solusi ini sendiri dianggap cocok bagi mereka yang tidak pernah memiliki waktu luang untuk berolahraga akibat kesibukan keseharian.

Selain berdiri atau banyak berjalan, Anda juga dapat memaksimalkan aktifitas pengganti olahraga dengan aktifitas kecil seperti lebih memilih menggunakan tangga ketimbang menaiki lift di tempat Anda bekerja.

Mengganti meja kerja Anda dengan meja berdiri juga sepertinya solusi yang baik. Beranikah Anda melakukan perubahan untuk hidup yang lebih sehat?(ruf/fajar)